Cara Menciptakan Makanan Ringan Elok Ape Pandan Hijau Betawi

08.22

Resep Kue Ape Pandan Hijau Sederhana Renyah Khas Betawi Spesial Asli Enak. Kue ape Crispy ini di jual oleh Abang-abang Betawi, Jakarta, Bandung dan Jawa. Kue ini ada banyak kreasi maupun variasinya, hanya saja yang terkenal yakni yang berwarna hijau pandan dan daun suji asli, kata ncc. Kue Ape ini juga termasuk jenis aneka makanan ringan cantik lembap tradisional orisinil Indonesia yang proses pembuatannya sederhana, gampang dan mudah sangat cocok untuk makanan pada program arisan keluarga atau kumpul keluarga di rumah ditemani segelas kopi nikmat. So very special.

 Resep Kue Ape Pandan Hijau Sederhana Renyah Khas Betawi Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE APE PANDAN HIJAU BETAWI
Gambar Kue Ape Ijo

Kue ape krispi ini berdasarkan referensi situs Wikipedia sering disebut makanan ringan cantik Serabi Jakarta yakni jajanan khas betawi orisinil dari Jakarta. Bentuknya mirip pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai makanan ringan cantik tetek. Kue istimewa yang biasa dijajakan di pinggir jalan, di depan sekolah dan depan mall oleh abang2 ini dibentuk dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan banyak sekali variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau coklat meses) dan mungkin suatu dikala akan mengikuti jejak makanan ringan cantik cubit green tea aneka topping yang telah terkenal lebih dahulu.

Sajian sedap makanan ringan cantik ape tradisional ini rasanya manis, yummy dan kedaluwarsa yang didapat dari harumnya daun pandan ijo, walaupun ada makanan ringan cantik ape putih yang tidak memakai pandan tapi kalah terkenal dengan makanan ringan cantik ape ijo yang lembut dan empuk di tengah namun kering renyah dan krispi dipinggirannya. Ayo mulai memasak mencar ilmu bikin makanan ringan cantik ape renyah sendiri di rumah. Berikut diam-diam kumpulan aneka resepi makanan ringan cantik ape pandan hijau/ijo khas Betawi orisinil sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan makanan ringan cantik ape ala Abang-abang pakai gerobak keliling atau mangkal di kaki lima.





RESEP KUE APE


BAHAN :
  • 3 butir telur (telor ayam/bebek, sesuai selera)
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 85 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 12 ml air daun suji (dari 12 lembar daun suji + 2 lembar daun pandan)
  • 4 tetes pasta pandan (boleh tidak pakai)
CARA MEMASAK KUE APE :
  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam jadi satu.
  2. Masukkan gula dan tambahkan setengah bab air sedikit-sedikit, uleni selama 15 menit hingga rata.
  3. Masukkan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan hingga menyatu. Diamkan 1 jam hingga campuran mengembang dua kali lipat.
  4. Panaskan kuali makanan ringan cantik ape di atas api besar, olesi kuali dengan sedikit minyak.
  5. Tuang campuran ke dalam kuali dengan sendok sayur, tekan bab tengahnya hingga membentuk pinggiran berkulit renyah. Tutup.
  6. Kecilkan api dan biarkan matang kira-kira 3-4 menit.
  7. Sajikan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar