Cara Menciptakan Olahan Buah Gayam

04.24

Resep Mengolah Buah Gayam Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak. Buah gayam atau biji buah gayam sanggup dinikmati dengan cara direbus dahulu biasanya dicampur dengan garam sedikit maka menjadikan rasa gayam gurih. Buahnya biasa dimakan anak-anak, sesudah direbus terlebih dahulu. Sedangkan biji gayam sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan tepung atau sereal yang sanggup dijadikan sebagai materi gabungan untuk menciptakan majemuk jenis masakan ringan anggun kering maupun masakan ringan anggun berair tradisional jajanan pasar dan masakan ringan anggun modern. Selain itu biji gayam yang dikeringkan sanggup dibuat cemilan keripik gayam yummy yang renyah dan crispy dengan aneka rasa pedas, manis, dan gurih sehingga keripik gayam sanggup dijadikan buah tangan khas daerah.

 Resep Mengolah Buah Gayam Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT OLAHAN BUAH GAYAM
Gambar Buah dan Biji Gayam

Menurut situs Wikipedia. Gayam atau gayang (Inocarpus fagifer) yakni pohon yang bisa tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter. Pohon ini biasa ditanam di pedesaan sebagai peneduh pekarangan dan kuburan. Pohon ini seringkali tumbuh berdekatan dengan bak atau mata air sehingga diduga mempunyai kemampuan menyerap air yang berpengaruh dari sekitarnya. Karena anggapan itu, gayam juga merupakan salah satu flora penghijauan. Pohon gayam memang sudah agak langka di Indonesia, penggalan dari gayam yaitu buahnya ternyata mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang tidak tahu ihwal hal tersebut.

Buah gayam berjenis polong berbentuk ginjal dan tidak pecah dengan kulit buah yang keras. Buah gayam mempunyai 1 biji berbentuk gepeng. Kulit biji keras dengan endosperm putih. Ketika mentah buah berwarna hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan ketika masak.

Berikut khasiat dan manfaat buah gayam untuk kesehatan :

  1. Membersihkan kotoran dalam usus dan akses percernaan. Buah gayam mempunyai kandunga zat kimia saponin dimana kandungan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar dan akses pencernaan.
  2. Menjaga kekebalan tubuh. Buah gayam juga mempunyai kandungan Flavonoida (zat antioksidan) kandungan ini berfungsi untuk kekebalan badan sehingga badan terjaga dari banyak sekali penyakit.
  3. Membantu usus dalam menyerap sari makanan. Tanin merupakan unsure senyawa yang terdapat pada buah gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari masakan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.

Seperti dikutip dari situs Life Viva gayam bisa diolah menjadi sereal kemudian diolah kembali menjadi masakan ringan anggun lezat. Biji dari buah gayam selama ini hanya dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi keripik gayam ataupun biji buahnya hanya direbus kemudian disantap.

 Resep Mengolah Buah Gayam Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT OLAHAN BUAH GAYAM
Gambar Buah Gayam Rebus

Namun dengan berkembangnya zaman dan juga tuntutan semoga lebih praktis, maka biji buah gayam sanggup diolah menjadi sereal yang selama ini lebih banyak kita temui lewat materi dasar jagung, gandum atau beras.

Sekelompok Mahasiswa FMIPA UNY berhasil menciptakan sereal dari biji gayam. Pemanfaatan biji buah gayam sebagai sereal sanggup meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi biji buah gayam. Secara tidak eksklusif apabila masyarakat mulai menyukai biji buah gayam maka mereka akan membudidayakan flora gayam untuk dimanfaatkan bijinya.

Lailatul Fitriyah dan Dwi Nugrohowati dari aktivitas studi Pendidikan Biologi, Felita Aprilla Zora dari aktivitas studi Fisika, Mariana Ramelan dari aktivitas studi pendidikan matematika serta Niken Ambar Pratiwi dari aktivitas studi kimia mengolah biji buah gayam yang banyak terdapat di tempat Kalasan, Sleman, Yogyakarta menjadi sereal.

Lailatul Fitriyah menyampaikan bahwa biji gayam sanggup dimanfaatkan menjadi sereal alasannya yakni mempunyai asupan gizi yang baik bagi sistem pencernaan.

“Selain itu biji gayam juga mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga sanggup menggantikan tugas nasi sebagai masakan pokok” kata Lailatul Fitriyah, Rabu 27 Mei 2015.

Selain itu gayam mempunyai kandungan zat antioksidan, kandungan ini berfungsi untuk kekebalan badan sehingga badan terjaga dari banyak sekali penyakit. Tanin merupakan unsur senyawa yang terdapat pada biji gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari masakan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.

Gadis kelahiran Blitar, 8 November 1995 tersebut mengungkapkan bahwa gayam mempunyai kandungan karbohidrat, protein dan lemak yang merupakan sumber energi yang tinggi. Selain itu terkandung pula mineral yang diperlukan oleh badan dan berfungsi sebagai pengatur fungsi tubuh. Biji gayam mempunyai potensi nutrisi yang baik. Pengolahan biji gayam sanggup dikembangkan untuk memberdayakan potensinya dalam perdagangan.

Dwi Nugrohowati menambahkan bahwa secara tradisional biji gayam dikonsumsi terutama dalam bentuk biji rebus. Biji gayam rebus bersifat kesat sehingga jikalau dikonsumsi bersifat mengenyangkan, tetapi sulit dicerna.

“Ini yang menimbulkan masyarakat enggan untuk mengolah biji gayam tersebut” kata Dwi Nugrohowati.

Biji gayam terasa hambar sehingga pada ketika isu terkini berbuah, buah gayam hanya dibiarkan berjatuhan dan hanya sebagian orang saja yang mau mengomsumsinya. Menurut Felita Aprilla Zora menciptakan sereal gayam cukup sederhana.





RESEP KUE GAYAM


BAHAN :
  • Tepung gayam
  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Margarin
  • Kuning telur
  • Gula halus
  • Cokelat bubuk
  • Choco chip
  • Pengembang
  • Vanili
CARA MEMBUAT KUE GAYAM CHOCO CHIPS :
  1. Cara Membuat Tepung Gayam : Buah gayam dipilah kemudian dikupas dan diambil bijinya, kemudian dicuci bersih. Setelah itu biji gayam dijemur hingga kering kemudian digiling menjadi tepung persatu sambil terus dikocok dengan mixer.
  2. Cara Membuat Kue Gayam Coklat Cookies Choco Chips : Langkah berikutnya masukkan gabungan tepung, coklat bubuk dan pengembang bertahap hingga semua tercampur. Adonan kemudian dikocok hingga kalis dan sanggup dibentuk.
  3. Kemudian adonan dicetak sesuai selera dan hias dengan choco chip, letakkan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Panggang dalam panggangan selama 15 menit kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Sereal gayam siap dihidangkan.
  5. Sajikan.

RESEP KERIPIK GAYAM


BAHAN :
  • Gayam
BUMBU :
  • Garam
  • Penyedap rasa untuk rasa gurih
  • Gula halus untuk rasa manis
  • Cabai bubuk untuk rasa pedas
CARA MEMBUAT KERIPIK GAYAM RENYAH :
  1. Biji gayam dibersihkan dari kulit dalam.
  2. Biji gayam yang sudah higienis dipotong tipis-tipis sambil direndam dalam air higienis semoga tidak berwarna coklat.
  3. Goreng gayam yang sudah dipotong-potong.
  4. Campurkan bumbu dengan gayam yang sudah digoreng setengah matang.
  5. Gayam digoreng kembali hingga kuning kecoklatan.
  6. Jika menginginkan rasa manis, campurkan gula halus secukupnya.
  7. Sajikan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar