Cara Menciptakan Camilan Cantik Sengkulun Khas Jawa Tengah

03.57

Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah. Kue sengkulun yakni makanan tradisional yang gabungan dasarnya terbuat dari tepung beras ketan putih pada umumnya dan dapat juga pakai tepung beras ketan hitam bahkan camilan anggun sengkulun dapat terbuat dari singkong. Teksturnya lembut dan empuk banget menyerupai awug beras. Aneka kreasi dan variasi olahan camilan anggun sengkulun, diantaranya ada camilan anggun sengkulun ketan, camilan anggun sengkulun singkong, camilan anggun sengkulun Purworejo, camilan anggun sengkulun Betawi, camilan anggun sengkulun Bangka, camilan anggun sengkulun gula merah, camilan anggun sengkulun Jawa, camilan anggun sengkulun Wonosobo, camilan anggun sengkulun kebumen, camilan anggun sengkulun Jawa Timur, dll.

 Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH
Gambar Kue Sengkulun Khas Jawa Tengah

Defenisi berdasarkan situs Wikipedia apa itu camilan anggun sengkulun. Kue sengkulun atau sering juga disebut Sengkolon (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sangkolun (Bangka) yakni camilan anggun menyerupai camilan anggun keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. Kue ini dibentuk dengan materi baku utama tepung ketan. Penggunaan gula merah membuatnya berwarna coklat, walaupun ada juga variasi pewarna lain di banyak sekali daerah. Santan kental menambahkan rasa gurih. Sedangkan sejarah asal undangan mulanya camilan anggun sengkulung ini belum begitu terang siapa yang pertama membuatnya dan kawasan mana yang duluan menciptakan camilan anggun ini tapi masing-masing kawasan memilik rasa dan tampilan yang khas dengan camilan anggun uni dan menarik ini.

Kue ini diakui di banyak sekali daerah, contohnya Betawi, Jepara, Demak, dengan efek budaya Cina. Namun kawasan lainnya juga mempunyai resep sengkulun dengan banyak sekali variasi bahan. Kue ini dibentuk dengan cara dikukus dalam waktu sekitar 2 jam, dan dimakan dengan kelapa parut atau siap untuk dijual.

Kue sengkulun berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari Purworejo berwarna merah putih, namun ada pula camilan anggun sengkulun Betawi dan camilan anggun sengkulun Bangka. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih sengkulun Purworejo khas jawa tengah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan perjuangan bisnis jajanan aneka camilan anggun berair tradisional.





RESEP KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH


BAHAN :
  • 125 gram tepung beras ketan putih dapat juga pakai beras ketan hitam
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa parut
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Secukupnya Minyak goreng untuk mengoles cetakan
CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN :
  1. Sementara Bunda menciptakan gabungan camilan anggun sengkulun, didihkan air pada langseng/kukusan. Campur semua materi kecuali minyak ngoreng. Aduk hingga tercampur rata, kemudian bagi dua. Sebagian beri warna merah.
  2. Olesi cetakan camilan anggun sengkulun dengan sedikit minyak goreng, kemudian masukkan gabungan warna putih, tekan-tekan. Lakukan hingga gabungan putih habis.
  3. Hitung berapa jumlah gabungan putih pada cetakan, kemudian bagi gabungan merah sebanyak cetakan gabungan putih. Letakkan gabungan merah di atas gabungan putih dan tekan-tekan. Kukus selama 40 menit.
  4. Setelah matang keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah dingin.
  5. Sajikan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar