Cara Menciptakan Makanan Ringan Anggun Bongkol Khas Bengkulu

08.27

Resep Kue Bongkol Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Menikmati hidangan sajian buka puasa, memang paling lezat dengan yang manis-manis dan segar. Nah. sajian khas Bengkulu yang masih masuk aneka camilan bagus basa tradisional jajanan pasar ini mungkin dapat jadi pilihan berbuka puasa hari ini sebagai sajian takjil. Namanya camilan bagus bongkol, yang terbuat dari tepung beras dibungkus daun pisang kerikil dikukus selama 15 menit saja. Nama nasional masakan ini yakni bubur sumsum baik bubur sumsum putih maupun bubur sumsum hijau pandan atau ijo daun suji. Makara sama dengan proses pembuatan bubur sumsum atau bubur lemu hijau pandan di Sunda, Bandung, Jawa Barat. Cara pembuatannya pun mudah dan mudah sekali. Perbedaannya camilan bagus bongkol ini dibungkus daun pisang kerikil dan telah menjadi khas Bengkulu. Berbeda dengan camilan bagus bongkol khas Palembang yang terbuat dari ketan dan kacang merah dibungkus daun kelapa yang disebut camilan bagus bongkol ketan kacang merah. Bedanya dimana nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya di blog carabuatresep ini.

 Resep Kue Bongkol Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU
Gambar Kue Bongkol Khas Bengkulu Bungkus Daun Pisang

Kue bongkol bungkus daun pisang yang rasanya gurih dan bagus ini cocok dimakan dalam keadaan hambar jadi lebih segar, camilan bagus dengan teksturnya yang lembut, empuk dan dimakan bersama kuah santan kelapa yang dicampur gula aren ini semakin banyak dicari warga Bengkulu ketika Ramadan ini sebagai sajian takjil Ramadhan. Kue ini dengan mudah ditemukan dan dicari alasannya banyak dijual di pinggir jalan selama Ramadan Ramadhan tiba. Berikut belakang layar kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih bongkol khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka camilan bagus bongkol.

RESEP KUE BONGKOL KHAS BENGKULU


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras
  • 3 1/2 gelas air
  • 4 sdt kapur sirih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm pewarna hijau dari daun suji dan pasta pandan
BAHAN KUAH :
  • 300 gram gula aren
  • 500 gram santan kelapa
CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU :
  1. Pembuatan untuk materi gabungan camilan bagus bongkol ini diperlukan tepung beras sebanyak 500 gram, air 3,5 gelas, kapur sirih 4 sendok, 1 sendok makan garam, pewarna hijau dari daun suji dan pasta pandan 1 sendok saja. Sedangkan untuk materi pembuatan camilan bagus bongkol membutuhkan gula aren sebanyak 300 gram dan santan kelapa sebanyak 500 gram. Setelah semua materi telah tercampur kemudian aduk secara memutar dengan berulang-ulang sampai tercampur rata. Selanjutnya dimasukkan ke dalam dandang ukuran sedang dan dimasak dengan api ukuran kecil selama 10 menit dengan sambil terus diaduk sampai mengental dan setengah matang.
  2. Setelah gabungan tepung beras menjadi setengah matang kemudian angkat dan bungkus dengan memakai daun pisang bersama kuah santan dan gula aren yang telah dicairkan sebelumnya. Selanjutnya kukus camilan bagus bongkol selama 15 menit. Setelah matang kemudian angkat dan sajikan camilan bagus bongkol selagi masih hangat atau didinginkan terlebih dahulu sesuai selera.
  3. Sajikan dengan kuah gula aren dan santan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar