Cara Menciptakan Es Roca Timun Pencegah Kolesterol Naik

00.15

Resep Roca Timun Sederhana Spesial Asli Enak. Bikin Minuman es Roca Timun atau es roco timun, cegah kolesterol naik seusai makan aneka olahan Daging Kambing. Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan akan menjadikan kolesterol dan tensi darah naik. Jika terjadi hal ini akan menciptakan kesehatan badan kita jadi terganggu.

Agar semoga terhindar dari gangguan kesehatan, ibarat peningkatan kolesterol atau tensi darah tinggi selama mengkonsumsi daging kambing atau daging sapi pada Hari Raya Idul Adha Idulfitri Haji, buah timun menjadi buah yang cocok jadi pendamping untuk sajian olahan daging kambing tersebut.

 Resep Roca Timun Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT ES ROCA TIMUN PENCEGAH KOLESTEROL NAIK
Gambar Es Roca Timun

Sebagaimana Okezone kutip dari resep kuliner dan resep minuman yang dimuat pada buku 1500 Resep Minuman Laku Dijual, karya Indriani, disana ada cara menciptakan minuman roca timun atau roco timun atau mentimun atau buah ketimun yang segar dan bermanfaat.

Roca timun atau roco timun ialah minuman tradisional asal Sumatera Utara yang terbuat dari ketimun dengan sirup gula merah yang telah direbus dengan daun pandan. Rasanya yang elok dan segar pas untuk disajikan waktu siang hari. Apalagi bila ditambahkan es serut semakin menyegarkan.

Terlepas dari pro dan kontra jangan minum es sehabis makan daging kambing atau daging sapi sebaiknya minum air hangat terlebih dahulu sehabis beberapa jam atau kini saja buat minuman ini, kan sudah usang makan daging gulai kambing dan sate kambingnya sudah larut pula lemaknya. Berikut resep lengkapnya.

RESEP ES ROCA TIMUN


BAHAN :
  • 300 gram kelapa muda, serut panjang
  • 350 gram mentimun, buang biji, potong dadu
  • 600 ml air kelapa muda
  • 250 gram es serut (bila perlu)
Artikel Menarik : Resep Sate Kambing

BAHAN SIRUP GULA MERAH :
  • 200 ml air
  • 300 gram gula merah, sisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT ROCA TIMUN :
  1. Sirop gula merah : rebus air, gula merah, garam dan daun pandan hingga gula larut. Saring dan dinginkan.
  2. Susun dalam gelas tinggi, sirop gula, kelapa muda dan mentimun. Tambahkan es serut kemudian tuangkan air kelapa hingga gelas hampir penuh.
  3. Sajikan segera.

Menurut Solopos Berita Resep Masakan :

Namun begitu, sebelum menciptakan roca timun, ada baiknya Anda simak dua pendapat soal penggunaan es sebagai minuman sehabis makan daging kambing.

Chief Executive Officer (CEO) Kelana Rasa Culinary, Arie Parikesit menyampaikan cara paling baik untuk menikmati kambing ialah menyeimbangkan unsur. Menurutnya, seharusnya ada konsep keseimbangan setiap mengkonsumsi makanan, termasuk kambing.

“Daging kambing itu kan punya unsur panas, jadi sebaiknya disembangkan dengan yang dingin. Timun sangat baik apalagi bila diolah menjadi minuman dengan es,” ujar Arie, sebagaimana Solopos.com lansir Kamis (24/9/2015).

Sedangkan fakta lain diungkap juru masak jebolan Master Chef Indonesia, Brian. Menurutnya, sehabis menyantap olahan kambing, sebaiknya jangan eksklusif minum es.

“Aneka Olahan kambing biasanya sangat berlemak. Ketika es masuk ke dalam badan nanti lemaknya malah menggumpal,” terperinci Chef Brian dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar