Cara Menciptakan Pempek Ikan Teri Palembang

10.02

Resep Pempek Ikan Teri Kering dan Basah Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Mendapatkan ikan tenggiri segar untuk pempek yang yummy terkadang memang susah harus pesan terlebih dahulu kalau sudah punya langganan ikan di pasar ikan atau pasar tradisional. Apalagi bila tidak demam isu ikan akan semakin sulit memperoleh ikannya apalagi ikan belida yang memang ikan orisinil pempek Palembang alasannya yaitu sudah langka di sungai Musi. Makara boleh dicoba untuk buat pempek dari ikan teri asin Palembang atau ikan teri medan yang memang dagingnya dan badan serta kepalanya lebih besar kalau dibanding dengan ikan teri jengki atau ikan teri lainnya ibarat ikan teri nasi, kan terlalu kecil walaupun sanggup juga dibentuk pempek teri nasi, kalau persoalan rasa sedap juga, walau tampilannya tidak secantik dan menarik empek-empek yang pakai ikan tenggiri/ikan gabus/ikan berdaging putih lainnya, putih bersih. kalau pempek ikan teri warnanya agak sedikit gelap cenderung hitam mungkin alasannya yaitu kepala ikan yang masuk juga ke dalam adonan.

 Resep Pempek Ikan Teri Kering dan Basah Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TERI PALEMBANG
Gambar Pempek Ikan Teri

Di Palembang, Sumatera Selatan dan di Bengkulu terutama di pasar-pasar tradisional banyak penjual pempek yang jualan pempek teri atau pempek iwak teri, bahkan ada juga yang menciptakan pempek dari kepala ikan teri saja, pempek ini biasanya berbentuk pempek lenjer panjang besak mak lengan bersama-sama gampang saja mengenali dan membedakannnya dengan pempek ikan tenggiri warna pempek ikan teri berwarna agak gelap cenderung kehitaman. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek ikan teri yang hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka pempek teri dan pempek rebon.

RESEP PEMPEK IKAN TERI

Sumber : Mama Khayla

BAHAN :
  • 500 gram tepung terigu
  • Air panas
  • 250 gram ikan teri Palembang sanggup juga pakai teri medan, belah buang tulang dan kepalanya, pilih yang kuning besar (rendam dengan air panas)
  • Penyedap rasa sedikit saja
  • 700 gram-1 kg tepung sagu tani/kanji/tapioka tergantung banyak dan sedikitnya air panas tadi
  • 2 telur kocok lepas.
  • Air untuk merebus pempek
CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TERI :
  1. Tepung terigu diberi air panas sedikit demi sedikit, aduk sampai rata.
  2. Ikan teri di siram air panas, tiriskan kemudian di giling halus (blender), kemudian masukkan ke campuran terigu,aduk pakai sendok sampai rata.
  3. Setelah rata, kemudian masukkan tepung kanji/tapioka sedikit demi sedikit,sambil di aduk pakai ujung jari, jangan terlalu di uleni nanti kesannya alot.
  4. Ambil sedikit adonan,bentuk mangkok, kalau campuran belum sanggup di bentuk,sambil di tambah tepung kanji sampai sanggup di bentuk.lalu isi dengan 1 sdm telur yang sudah di kocok lepas dan di beri sedikit garam.
  5. Tutup mangkok campuran atau sanggup di plintir ibarat pastel. atau kalau malas,bisa di bentuk panjang-panjang ibarat pempek lenjer atau bundar saja, tanpa di isi telur atau bentuk pempek sesuai selera.
  6. Lalu rebus pempek dalam air mendidih,hingga mengapung. kalau sudah mengapung,tunggu agak lama, semoga dalamnya benar benar matang.
  7. Tiriskan, pempek sudah sanggup di goreng.
  8. Hidangkan bersama cuko pempek, resep bikin cuko kental sanggup di lihat di artikel cara menciptakan cuko.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar